https://forumgurukemenaglotim2017.blogspot.com/ |
Perangkat pembelajaran PAI SMP Kurikulum 2013 Edisi revisi sangat penting sekali dimiliki oleh para Guru mapel Pendidikan Agama Islam, sebagai acuan dalam menjalankan proses kegiatan belajar mengajar di kelas.
Seperti yang anda ketahui, PAI merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ada di semua jenjang sekolah. Mulai dari jenjang SD, SMP sampai dengan SMA sederajat di seluruh wilayah Indonesia.
Maka dari itu di sini saya akan membagikan file perangkat mapel ini sebagai bahan acuan dalam membuat administrasi pembelajaran.
Sebagai seorang pendidik, saya juga merasakan bagaimana susahnya membuat perangkat pembelajaran. Karena jumlahnya sangat banyak dan lumayan rumit.
Baca juga: RPP K13 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII MTS/SMP Semester 1 & 2 Tahun 2019
Baca juga: Silabus K13 Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII MTS/SMP Tahun 2019
Perangkat yang saya bagikan ini cukup lengkap karena mencakup Program Tahunan, Program Semesteran, Silabus dan RPP PAI SMP dengan format microsoft word yang tentunya akan membuat anda mudah untuk mengeditnya.
Kompetensi Dasar PAI SMP Kelas 7 Kurikulum 2013
1.1 Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.
1.2 Beriman kepada Allah SWT
1.3 Beriman kepada malaikat Allah SWT
1.4 Menerapkan ketentuan bersuci dari hadats kecil dan hadats besar berdasarkan syariat Islam (Usulan staf khusus terkait dengan masalah haid sudah diakomodir pada kelas 4 SD/MI)
1.5 Menunaikan shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.6 Menunaikan shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Jumu‘ah (62): 9
1.7 Menunaikan shalat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah
2.1 Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 42 dan hadis terkait
2.2 Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadis terkait
2.3 Menghargai perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadis terkait
2.4 Menghargai perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dan hadis terkait
2.5 Menghargai perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadis terkait
2.6 Menghargai perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman QS Al-Ahqaf (46): 13 dan hadis terkait
2.7 Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah (Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadis terkait
2.8 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
2.9 Meneladani sikap terpuji khulafaurrasyidin
3.3 Memahami isi kandungan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33, serta hadi¡ terkait tentang menuntut ilmu.
4.3.1 Membaca Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33, dengan tartil
4.3.2 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 dengan lancar
3.5 Memahami isi kandungan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar dan pemaaf.
4.5.1 Membaca Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dengan tartil
4.5.2 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, dengan lancar
3.1 Memahami makna Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
4.1 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
3.2. Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli
4.2 . Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat.
3.6 Memahami makna tentang perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8: 27 dan hadis terkait.
3.7 Memahami makna tentang perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46: 13 dan hadis terkait.
4.3 Mencontohkan perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8: 27 dan hadis terkait
4.5 Mencontohkan perilaku Istiqamah sesuai kandungan Q.S. al- Ahqaf/46: 13 dan hadis terkait.
3.3. Memahami makna empati terhadap sesama sesuai kandungan Q.S. an-Nisa/4: 8 dan hadi¡ terkait.
4.3 Mencontohkan perilaku empati terhadap sesama sesuai kandungan Q.S. An-Nisa (4): 8 dan hadis terkait.
3.8 Memahami ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
4.6 Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
3.9 Memahami ketentuan shalat berjamaah
4.8 Mempraktikkan shalat berjamaah
3.10 Memahami ketentuan shalat Jumat
4.9 Mempraktikkan shalat Jumat
3.11 Memahami ketentuan shalat jamak qasar
4.7 Mempraktikkan shalat shalat jamak qasar
3.12 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. Periode Mekah
4.7 Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Mekah
3.13 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW Periode Madinah dan Madinah.
4.13 Menyajikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.
Silahkan ambil filenya pada link yang ada di bawah ini:
Prota PAI Kelas 7 Kurikulum 2013
Promes PAI Kelas 7 Kurikulum 2013
Silabus PAI Kelas 7 Kurikulum 2013
RPP BAB 1
RPP BAB 2
RPP BAB 3
RPP BAB 4
RPP BAB 5
RPP BAB 6
RPP BAB 7
RPP BAB 8
RPP BAB 9
RPP BAB 10
RPP BAB 11
RPP BAB 12
RPP BAB 13
Demikianlah informasi mengenai Perangkat PAI SMP K13 Edisi Revisi yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.