https://forumgurukemenaglotim2017.blogspot.com/ |
RPP K13 Matematika Kelas 8 MTS SMP Thn 2019
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya pencapaian Kompetensi Dasar (KD).
Setiap pendidik dalam satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis, agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dan memberikan ruang yang cukup.
Komponen dan Identitas RPP
Secara umum Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdiri atas komponen-komponen berikut.
Indentitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan.
Identitas mata pelajaran atau tema/subtema.
Kelas/semester.
Materi esensial/pokok.
Alokasi waktu.
Tujuan pembelajaran.
Kompetensi inti.
Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi.
Materi pembelajaran.
Metode pembelajaran.
Media pembelajajaran.
Sumber belajar.
Langkah-langkah/skenario pembelajaran.
Penilaian hasil belajar.
Sedangkan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah ditentukan komponen dan Sistematika RPP sebagai berikut.
Identitas, meliputi mata pelajaran, kelas/semester, dan alokasi waktu waktu yang ditetapkan.
Kompetensi Inti (KI).
Kompetensi Dasar (KD).
Indikator Pencapaian Kompetensi.
Materi Pembelajaran.
Kegiatan Pembelajaran.
Penilaian, Pembelajaran, dan Remidial.
Media/alat. Bahan, dan Sumber Belajar
Prinsip-prinsip Penyusunan RPP
Di dalam menyusun RPP, maka perlu diperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut.
Baca Juga: RPP K13 Matematika Kelas 7 MTS SMP Thn 2019
Baca Juga: RPP K13 Matematika Kelas 9 MTS SMP Thn 2019
Perbedaan individual peserta didik, antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, latar belakang budaya, norma, nilai, dan lingkungan peserta didik.
Partisipasi aktif peserta didkk.
Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
Pemberian umpan balik dan tindak lanjut, memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi.
Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar.
Mengakomodasi pembelajaran tematik termadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistem atis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
PERHATIAN!
JIKA LINK 1 RUSAK
GUNAKAN LINK 2
RPP Matematika Kelas VIII Bangun Ruang Sisi Datar (Download 1) (Download 2)
RPP Matematika Kelas VIII Fungsi (Download 1) (Download 2)
RPP Matematika Kelas VIII Lingkaran (Download 1) (Download 2)
RPP Matematika Kelas VIII Perbandingan Senilai (Download 1) (Download 2)
RPP Matematika Kelas VIII Persamaan Garis Lurus (Download 1) (Download 2)
RPP Matematika Kelas VIII Persamaan Kuadrat (Download 1) (Download 2)
RPP Matematika Kelas VIII Persamaan Linier Dua Variabel (Download 1) (Download 2)
RPP Matematika Kelas VIII Sistem Koordinat 1 (Download 1) (Download 2)
RPP Matematika Kelas VIII Sistem Koordinat 2 (Download 1) (Download 2)
RPP Matematika Kelas VIII Statistika (Download 1) (Download 2)